Hasil Survey “ Peran Teknologi Sebagai Media Belajar “

Nama         : Christyn Elisabeth Siagian
NIM           : 111301094

Pada saat mengikuti mata kuliah Psikologi Pendidikan, kami ditugaskan untuk membuat survey online yang berkaitan dengan mata kuliah Psikologi Pendidikan. Topik yang saya pilih adalah “ Peran Teknologi Sebagai Media Belajar “. Dan dalam penelitian ini saya membuat kuesioner online yang berisi 10 pernyataan dengan pilihan jawaban “ya” dan “tidak”. Berkaitan dengan survey ini, saya meminta 50 responden mahasiswa Fakultas Psikologi USU 2011. Berikut data yang dapat saya lampirkan.

DAFTAR NAMA RESPONDEN
ID
Nama Responden (50)
12570569
Dina Maharani
12570571
Rosliana Karolina
12570589
SITI RIZKI KARTIKA
12570770
lusia fitri ayu pardede
12571300
Nenita Sari S G
12571716
Safrida Liasna Tarigan
12573203
Andhika Satria
12573500
darmayantie syahputri
12573515
Liandra Khairunnisa
12573780
Putri Azura Ulandari
12573788
citra wahyuni
12573859
Cellia Elisabeth Saragih
12573914
Oktavia Rizky Rosayanti Putri
12573974
Vilya Sutanto
12574119
rizki hasanah
12574142
Dinda Rizvina Nasution
12574154
WINDA LYDIA SARI
12574352
Paskha Yohana
12574384
ajeng diah andhini
12574574
Cynthia Marilyn Sitompul
12575110
shella
12575163
Merry Christine Sitorus
12575243
Dhara Puspita H
12577143
sulistia putri
12577474
Vilya Sutanto
12577767
Yunita
12578117
christine natalia tarigan
12578424
Ratri Ps
12578513
Tia Nahara Hendrati
12578610
Rifany Saragih
12582254
Aisyah Huwaida S
12582510
Yohana Chrisela
12582528
dwi kartika harahap
12587732
Grace Theresia Sihotang
12588179
Desi M Maloky
12588216
sulistia putri
12590899
KRISTIN CITRA NAPITUPULU
12591106
Mira Tantri
12591435
agnes crista siagian
12591905
Gustina Handayani Harahap
12596905
raffles pardede
12602119
Puspa Aryani Tantri
12602860
Paskha Yohana
12607487
Putri Azura Ulandari
12609277
Adolf Purba
12616407
Yap Rima Oktavya Sinaga
12618581
Novika Susi Lestari
12619320
Pritta Astuti Suryaningtyas
12619334
Frans Ariadi Ginting
12651799
Susi Silalahi

DATA
1. Saya termasuk orang yang up to date terhadap teknologi

 Yes 
 24 

 48.00% 
 No 
 26 

 52.00% 

2. Saya memiliki teknologi seperti  laptop dan smartphone

 Yes 
 48 

 96.00% 
 No 
 2 

 4.00% 

3. Saya merasa kesulitan dalam menggunakan teknologi

 Yes 
 12 

 24.00% 
 No 
 38 

 76.00% 

4. Saya memiliki pandangan positif mengenai kemajuan teknologi

 Yes 
 50 

 100.00% 
 No 
 0 
 0.00% 

5. Saya sering menggunakan teknologi saat kuliah berlangsung

 Yes 
 34 

 66.67% 
 No 
 17 

 33.33% 

6. Saya senang dengan proses pembelajaran yang turut memanfaatkan teknologi
 Yes 
 47 

 94.00% 
 No 
 3 

 6.00% 

7. Saya merasa teknik pembelajaran dengan menggunakan teknologi sebagai media belajar sangat efektif.

 Yes 
 44 

 88.00% 
 No 
 6 

 12.00% 

8. Saya lebih banyak menggunakan teknologi sebagai sarana bagi saya untuk memperoleh materi pelajaran

 Yes 
 41 

 82.00% 
 No 
 9 

 18.00% 

9. Saya didukung oleh orang tua terhadap kemajuan teknologi
 Yes 
 45 

 90.00% 
 No 
 5 

 10.00% 

10. Tanpa teknologi dunia pendidikan tidak akan berjalan dengan baik

 Yes 
 43 

 84.31% 
 No 
 8 

 15.69% 
Top of Form
Bottom of Form
Top of Form
Bottom of Form
Top of Form
Bottom of Form
Top of Form
Bottom of Form
Top of Form
Bottom of Form

Berdasarkan hasil survey diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Teknologi memiliki peran yang besar sebagai Media Belajar. Dari jumlah responden yang ada, banyak yang memilih “iya” terhadap pengaruh positif dari kemajuan teknologi dan juga sebagai media untuk belajar dan juga tempat untuk memperoleh materi pelajaran. Walaupun sebagian besar juga memiliki kesulitan dalam menggunakan teknologi ataupun tidak update dalam perkembangan teknologi, namun sebagian besar mahasiswa Psikologi USU memiliki teknologi yang canggih, dimana mereka juga turut didukung oleh orang tuanya. Dengan begitu, sebagian besar mahasiswa Psikologi setuju bahwa dunia pendidikan tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya teknologi, hal ini dapat dilihat dari hasil survey yang menjawab iya ( 84,31%) dan tidak (15,69%). Oleh karena itu diharapkan agar penggunaan teknologi ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan seefektif mungkin.

TESTIMONI
Pada awalnya saya merasa kesulitan dalam menggunakan survey online ini. Hal itu juga disebabkan karena saya belum memiliki pengalaman melakukan penelitian dengan menggunakan kuesioner. Tapi karena bantuan dosen, kakak senior, dan juga teman-teman akhirnya saya bisa mengatasinya dan dapat menyelesaikan tugas ini.
Ini merupakan pengalaman yang berharga bagi saya, dimana pengetahuan pembelajaran seperti ini sangat berharga bagi saya kelak. Dan juga dapat membantu saya dalam membuat kuesioner yang tidak memakan banyak waktu dan biaya.
Saya berterima kasih pada Dosen Pengampu Mata Kuliah Psikologi Pendidikan yang telah menambah pengetahuan dan pengalaman saya dalam melakukan penelitian ini. Dan juga atas partisipasi teman-teman yang telah mengisi kuesioner saya sehingga tugas survey online ini dapat diselesaikan .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saat Ini Kurikulum Pendidikan Terlalu Banyak

Terapi Kognitif Efektif Atasi Masalah Psikologis

Psikopat Memiliki Struktur Otak Yang Berbeda