PERENCANAAN TUGAS PROYEK MINI

Nama Kelompok : 
Perbedaan Motivasi Belajar antara Mahasiswa Perantauan dengan Mahasiswa bukan Perantauan Dilihat dari  Indeks Prestasi

BAB I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Motivasi adalah energy aktif yang menyebabkan terjadinya suatu perubahan dalam diri seseorang yang nampak pada gejala kejiwaan, perasaan dan juga emosi, sehingga mendorong individu untuk bertindak atau melakukan sesuatu dikarenakan adanya tujuan, kebutuhan, atau keinginan yang harus terpuaskan.
            Mahasiswa pastinya memiliki motivasi yang mendorong mereka untuk kuliah, baik itu motivasi yang berasal dari pribadi mahasiswa itu sendiri maupun motivasi yang berasal dari luar seperti keluarga, teman dll.  Motivasi erat kaitannya dengan tingkat indeks prestasi seseorang.
Universitas tentunya terdiri dari mahasiswa yang berasal dari daerah-daerah yang berbeda. Sebagai mahasiswa perantauan yang memilih kuliah di kota lainnya tentunya memiliki  motivasi tersendiri. Begitu juga dalam menjalani proses perkuliahan dan keinginan untuk mendapatkan Indeks Prestasi (IP) yang bagus.
Dalam hal ini kelompok kami ingin melihat perbedaan motivasi antara mahasiswa perantauan dengan mahasiswa bukan perantauan yang dilihat dari  indeks prestasi mereka masing-masing.


1.2 Fenomena Aktual

            Saat ini kami sendiri sebagai mahasiswa perantauan melihat ada beberapa anak perantuan ketika masih dalam lingkungan keluarganya memiliki motivasi belajar yang kuat. Namun saat ia sudah berada di perantauan, motivasi belajarnya menjadi berkurang. Dimana waktunya lebih banyak digunakan untuk bermain dan berkumpul bersama teman-teman. 

1.3 Objek Proyek Mini

·         Lima mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara yang merupakan anak perantauan
·         Lima mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara yang bukan merupakan anak perantauan

1.4 Metode yang digunakan

1.      Wawancara
Wawancara ini akan diadakan kepada mahasiswa yang berasal dari daerah dan juga akan diadakan pula kepada mahasiswa yang tinggal bersama orang tua nya di Medan.
2.      Observasi
Observasi akan dilakukan terhadap data hasil indeks prestasi mahasiswa Psikologi USU angkatan 2011.

Sumber yang digunakan
1.      Internet
2.      Buku



BAB II
Landasan Teori

2.1 Pengertian Motivasi

Motivasi adalah energi aktif yang menyebabkan terjadinya suatu perubahan pada diri seseorang yang nampak pada gejala kejiwaan, perasaan, dan juga emosi sehingga mendorong individu untuk bertindak atau melakukan sesuatu dikarenakan adanya tujuan, kebutuhan, atau keinginan yang harus terpuaskan.

 Definisi motivasi menurut para ahli

1. Cropley, (1985) Motivasi dapat dijelaskan sebagai “tujuan yang ingin dicapai melalui perilaku tertentu”
2. Wlodkowski (1985) menjelaskan motivasi sebagai suatu kondisi yang menyebabkanatau menimbulkan perilaku tertentu, dan yang memberi arah dan ketahanan (persistence) pada tingkah laku tersebut. Pengertian ini jelas bernafaskan behaviorisme.
3. Gray lebih suka menyebut pengertian motivasi sebagai sejumlah proses, yang bersifatinternal, atau eksternal bagi seorang individu, yang menyebabkan timbulnya sikapantusiasme dan persistensi, dalam hal melaksanakan kegiatan- kegiatan tertentu.

 TEORI MOTIVASI HERZBERG (1966)

Menurut Herzberg (1966), ada dua jenis faktor yang mendorong seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan dan menjauhkan diri dari ketidakpuasan. Dua faktor itu disebutnya faktorhigiene (faktor ekstrinsik) dan faktor motivator (faktor intrinsik).

1.      Motivasi Intrinsik
Motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri. Kesenangan karena mampu menguasai sesuatu yang baru yang bersifat melekat dengan aktivitas dan segala konsekuensinya.

2.      Motivasi Ekstrinsik
Motivasi yang berasal dari faktor eksternal. Motif ini dapat muncul akibat reward eksternal seperti hadiah dan pujian.

Tiga elemen motivasi ( Elliot & Church )
1.      Mastery Goals
Individu termotivasi secara intrinsik untuk mempelajari informasi yang menarik dan penting.
2.      Performance-Approach Goals
Individu termotivasi untuk bekerja keras untuk mendapatkan nilai yang lebih baik dari orang lain untuk mendapatkan perhatian.
3.      Performance –Approach Goals
Individu termotivasi untuk menghindari nilai yang jelek.

Achievement Theory

Dikemukakan oleh Mc Clelland (1961), menyatakan bahwa ada tiga hal penting yang menjadi kebutuhan manusia, yaitu:
• Need for achievement (kebutuhan akan prestasi)
• Need for afiliation (kebutuhan akan hubungan sosial/hampir sama dengan soscialneed-nya Maslow)
• Need for Power (dorongan untuk mengatur)

Indikator - indikator motivasi belajar

Menurut Martin Handoko (1992: 59), untuk mengetahui kekuatan motivasi belajar, dapat dilihat dari beberapa indikator sebagai berikut :

1.    Kuatnya kemauan untuk berbuat
2.    Jumlah waktu yang disediakan untuk belajar
3.    Kerelaan meninggalkan kewajiban atau tugas yang lain
4.    Ketekunan dalam mengerjakan tugas.

Sedangkan menurut Sardiman (2001: 81) indikator motivasi belajar adalah sebagai berikut :
1.    Tekun menghadapi tugas.
2.     Ulet menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa)
3.    Menunjukkan minat terhadap bermacam – macam masalah orang dewasa.
4.    Lebih senang bekerja mandiri.
5.    Cepat bosan pada tugas – tugas rutin
6.    Dapat mempertahankan pendapatnya.






BAB III
ALAT DAN BAHAN

Peralatan yang digunakan   :
1.      Alat tulis
2.      Modem
3.      Laptop
4.      Printer
Anggaran biaya awal            :
1.      Alat Tulis                    : Rp. 10.000
2.      Reward                       : Rp. 40.000
3.      Membuat Poster          : Rp. 50.000
  
                                      TIME TABLE
NO.
PERENCANAAN
TANGGAL
1.
Penentuan Topik
4 April 2012
2.
Pemilihan Judul
4 April 2012
3.
Pendahuluan
27 April 2012
4.
Landasan Teori
27 April 2012
5
Menentukan Subjek
1 Mei 2012
6.
Analisa Data
8 Mei 2012
7.
Membuat Poster
5 Juni 2012

Daftar pertanyaan Wawancara
Nama :
NIM :
Kelompok* :
Ket*    : A : Mahasiswa Perantauan
             B : Bukan Mahasiswa Perantauan
1.      Apa motivasi Anda masuk Psikologi ?
2.      Apa yang menjadi motivasi terbesar Ada dalam menjalani perkuliahan di Psikologi ?
3.      Hal-hal apa yang membuat motivasi Anda berkurang ?
4.      Berapa IP Anda ?
5.      Apakah Anda berniat menjadi yang terbaik di kelas  ?
6.      Seberapa sering orang tua atau orang terdekat dalam memotivasi Anda ?
7.      Apakah orang tua Anda memberikan reward ketika Anda mendapat IP yang bagus ?
8.      Apakah pernah mendapat hukuman ketika mendapat nilai yang jelek ?
9.      Bagaimana cara Anda dalam menyemangati diri sendiri ?
10.  Berapa lama waktu yang anda luangkan untuk belajar ?

*Pertanyaan tambahan untuk mahasiswa perantauan :
Apakah ada perbedaan cara belajar ketika Anda dipantau orang tua dengan ketika Anda sudah merantau ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saat Ini Kurikulum Pendidikan Terlalu Banyak

Terapi Kognitif Efektif Atasi Masalah Psikologis

Psikopat Memiliki Struktur Otak Yang Berbeda