PENTINGNYA PENDIDIKAN PAUD ( TK )
Nama Anggota kelompok :
LUSIA FITRI AYU PARDEDE ( 11030lfap.blogspot.com )
SITI RIZKI KARTIKA ( 11032sitirizkikartika.blogspot.com )
CHRISTYN ELISABETH SIAGIAN ( 11094christynelisabeths.blogspot.com )
PENDIDIKAN USIA DINI |
A. PENGERTIAN
Pendidikan usia dini adalah jenjang
pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu
upaya pembinaan yang ditujukan bagianak sejak lahir sampai
dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan
pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan
fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta,
kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku
serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap
perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
B. MENGAPA PENDIDIKAN USIA DINI SANGAT PENTING ????
Mengapa pendidikan usia dini sangat penting ???? Berdasarkan
hasil penelitian sekitar 50% kapabilitaas
kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun,80% telah
terjadi perkembangan yang pesat tentang jaringan otak ketika anak berumur 8
tahun dan mencapai puncaknya ketika anak berumur 18 tahun, dan setelah itu
walaupun dilakukan perbaikan nutrisi tidak akan berpengaruh terhadap perkembangan
si anak. Pada usia 0-8 tahun otak menerima dan menyerap berbagai macam
informasi, tidak melihat baik dan buruk. Itulah masa-masa yang dimana
perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk. Karena
itu, banyak yang menyebut masa tersebut sebagai masa-masa emas anak (golden
age).
Menurut Byrnes, pendidikan anak usia dini
akan memberikan persiapan anak menghadapi masa-masa ke depannya, yang paling
dekat adalah menghadapi masa sekolah. “Saat ini, beberapa taman kanak-kanak
sudah meminta anak murid yang mau mendaftar di sana sudah bisa membaca dan
berhitung. Di masa TK pun sudah mulai diajarkan kemampuan bersosialisasi
dan problem solving. Karena kemampuan-kemampuan itu
sudah bisa dibentuk sejak usia dini.
Menurut Byrnes (Peraih gelar Woman of the Year dari
Vitasoy di Australia) di lembaga pendidikan
anak usia dini yang bagus, anak-anak akan belajar
menjadi pribadi yang mandiri, kuat bersosialisasi, percaya diri, punya rasa
ingin tahu yang besar, bisa mengambil ide, mengembangkan ide, pergi ke sekolah
lain dan siap belajar, cepat beradaptasi, dan semangat
untuk belajar.
C. 4 AREA PENTING YANG DI PERLU DITINGKATKAN PAUD
1. Perkembangan Fisik, yang bertujuan agar
anak mampu mengontrol gerakan kasar secara sadar dan untuk keseimbangan,
mengontrol gerakan halus. Caranya :
- Motorik Kasar: Berlari, memanjat, menendang bola,
menangkap bola, bermain lompat tali, berjalan pada titian keseimbangan, dll.
- Motorik Halus: Mewarnai pola, makan dengan sendok, mengancingkan baju,
menarik resluiting, menggunting pola,menyisir rambut, mengikat tali sepatu,
menjahit dengan alat jahit tiruan, dll.
- Organ Sensoris:Membedakan berbagai macam rasa, mengenali berbagai macam bau,
mengenali berbagai macam warna benda, mengenali berbagai benda dari ciri-ciri
fisiknya, mampu membedakan berbagai macam bentuk, dll.
2. Perkembangan Kognitif, yang bertujuan untuk belajar dan memecahkan masalah, berfikir logis. Misalnya: mengenal nama-nama warna,mengenal nama bagian-bagian tubuh, mengenal nama anggota keluarga,mampu membandingkan dua objek atau lebih, menghitung, menata, mengurutkan; mengetahui nama-nama hari dan bulan; mengetahui perbedaan waktu pagi, siang, atau malam; mengetahui perbedaan kecepatan (lambat dan cepat); mengetahui perbedaan tinggi dan rendah, besar dan kecil, panjang dan pendek; mengenal nama-nama huruf alfabet atau membaca kata; memahami kuantitas benda, dll.
3.
Perkembangan Social Emosional, yangbertujuan untuk
mengetahui diri sendiri dan orang
lain, bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain, berperilaku sesuai dengan perilaku
prososial. Misalnya: Menunjukkan rasa sayang pada teman, orang tua, dan saudaranya;
menunjukkan rasa empati; mengetahui simbol-simbol emosi: sedih, gembira, atau marah dan
mampu mengontrol emosinya sesuai kondisi yang tepat.
4. PerkembanganKomunikasi, yang bertujuan agar anak mampu mendengar secara aktif
dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa, memahami sesuatu dapat diwakilkan
dengan tulisan dan dapat dibaca.Misalnya: Mampu mengungkapkan keinginannya dengan
kata-kata,mampu melafalkan kata-kata dengan jelas (bisa dimengerti oleh oranglain).
lain, bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain, berperilaku sesuai dengan perilaku
prososial. Misalnya: Menunjukkan rasa sayang pada teman, orang tua, dan saudaranya;
menunjukkan rasa empati; mengetahui simbol-simbol emosi: sedih, gembira, atau marah dan
mampu mengontrol emosinya sesuai kondisi yang tepat.
4. PerkembanganKomunikasi, yang bertujuan agar anak mampu mendengar secara aktif
dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa, memahami sesuatu dapat diwakilkan
dengan tulisan dan dapat dibaca.Misalnya: Mampu mengungkapkan keinginannya dengan
kata-kata,mampu melafalkan kata-kata dengan jelas (bisa dimengerti oleh oranglain).
Makasih sudah berbagi ilmu ..............................
BalasHapusbisnistiket.co.id