Sabtu, 10 Maret 2012

Metode Pembelajaran Menggunakan E-Mail & Blog dalam Dunia Pendidikan

 Tugas Kelompok 1 :




 Metode pembelajaran yang mengharuskan mahasiswanya untuk memiliki e-mail dan blog menandakan bahwa dunia pendidikan telah menyesuaikan dirinya dengan perkembangan zaman. Fenomena ini sudah mulai diterapkan di dunia pendidikan, baik itu di sekolah - sekolah ataupun di kampus. Metode seperti ini juga telah diterapkan dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Universitas Sumatera Utara. Namun di lihat dari dunia pendidikan Indonesia khususnya Medan, metode seperti ini masih sangat minim digunakan, dan apabila ada, sekolah-sekolah yang menggunakannya, tentu saja masih dalam jumlah yang sedikit dan penerapannya juga tidak terlalu diutamakan karena masih menggunakan metode lama, yaitu dengan cara bertatap muka secara langsung.

Kelompok kami memiliki beberapa pandangan akan metode pembelajaran seperti ini, yaitu dengan melihat dari sisi kelebihan dan kelemahannya :
Kelebihan :
  1. Metode seperti ini sangat efektif digunakan pada saat dosen dengan mahasiswa berhalangan untuk bertatap muka langsung  sehingga materi-materi kuliah tetap dapat diberikan.
  2. Metode ini sangat baik dan menguntungkan bagi mahasiswa yang kurang aktif dalam berpendapat secara lisan sehingga ia dapat mengungkapkan pendapatnya secara tulisan..
  3. Pembelajaran seperti ini dpat dilakukan kapan pun dan dimana pun sehingga apabila ada yang sakit baik dosen maupun mahasiswa dapat memberikan/mendapatkan materi perkuliahan.
  4. Mahasiswa diberi kebebasan berkreasi yang kreatif.
  5. Dapat menghilangkan rasa jenuh akan pembelajaran dengan metode yang lama.
  6. Dapat membangun relasi yang kuat antara dosen dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan mahasiswa.
  7. Menambah wawasan pengetahuan akan pemanfaatan teknologi.
Kelemahan :
  1. Mahasiswa yang tidak terlalu paham akan penggunaan teknologi akan mengalami kesulitan.
  2. Konsentrasi akan sering terganggu karena pengguna internet biasanya membuka websita-website yang lain.
  3. Proses pembelajaran akan sedikit terganggu akibat gangguan jaringan. 
  4. Terkadang membuat mahasiswa malas mengikuti mata kuliah.
Kelompok  kami sangat setuju dan mendukung metode e-learning ini. Karena dengan metode ini mahasiswa dapat mengakses mata kuliah yang ingin dicarinya dengan mudah kapan pun ia mau. Selain itu mahasiswa menjadi update akan pengetahuan dan perkembangan yang terjadi. Dengan metode e-learning ini waktu untuk berdiskusi dalam pemecahan masalah kepada teman lainnya dapat terjalin dengan lama. Untuk itu,A semoga pembelajaran seperti ini mendapat perhatian lebih dari kalangan pengajar maupun pelajar mengingat kelebihan yang ditawarkan dengan metode e-learning ini.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar